Keyword
SEGENAP KELUARGA BESAR SMA NEGERI 15 SEMARANG MENGUCAPKAN ...*** SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA***....
SABTU, 15 DESEMBER 2018
Artikel
Tradisi Sebelum UNBK SMAN 15
Ditulis tanggal : 05 - 04 - 2018 | Pukul :

Suasana haru tergambar di SMAN 15 Semarang. Ratusan siswa kelas XII jurusan IPA dan IPS menangis saat membasuh mencuci kaki orangtuanya di teras depan kelas masing-masing, Rabu (4/4/2018) siang.

Mereka duduk bersimpuh mencuci kaki ibu atau ayahnya menggunakan air kembang dalam baskom. Setelah itu si anak mengelap menggunakan handuk dan menaruh kaki orangtuanya di atas dingklik.

Tampak ayah atau ibu mereka juga tak kuasa menahan air mata. Sebagian menangis sesenggukan sambil memegangi kepala si anak. Suasana bertambah haru tatkala anak-anak membaca teks yang disediakan oleh sekolah.

Sejumlah siswa sungkem mohon doa restu kepada orangtuanya di SMAN 15 Semarang menjelang Ujian Nasional, Rabu 4 April 2018

"Anak-anakku sekalian, hari ini adalah hari dimana kalian melakukan kegiatan mulia yakni membasuh kaki orangtua kalian dengan air bertabur bunga. Menunjukkan begitu mulianya derajat orangtua kita," tulis Kepala Sekolah SMAN 15 Semarang, Soleh Amin.

"Ridha Allah tergantung ridha kedua orangtua. Maka gunakanlah momen ini untuk meminta restu dan doa kepada orangtua kalian. Supaya diberi kemudahan dan keberhasilan dalam melaksanakan UNBK mulai Senin (9/4) hingga Kamis 12 April 2018," lanjutnya.

Sejumlah siswa masih berseragam batik khas SMAN 15 melanjutkan pembasuhan dan kemudian bersimpuh sungkem. Sebagian ada yang berpelukan sambil bercucuran air mata. Pelaksanaan ini berlangsung sekitar satu jam.

Kemudian orangtua siswa dikumpulkan untuk diberi penjelasan. Kepala Sekolah mengumumkan bahwa mulai Januari 2018 uang SPP atau dana komite, nominalnya turun sebagaimana kebijakan pemerintah Jawa Tengah.

Untuk klas XII di sekolah ini yang semula Rp 150 ribu per bulan turun menjadi Rp 60 ribu per bulan. Penurunan ini mengejutkan karena beberapa waktu lalu di media massa diumumkan bahwa uang SPP turun jadi Rp 100 ribu.

Bagi siswa yang sudah terlanjur bayar Rp 150 ribu maka akan dikembalikan sisanya. Jika 6 bulan maka SPP total Rp 900 ribu turun menjadi hanya Rp 360 ribu saja. Orangtua siswa menyambut gembira.

Sejumlah pelajar sungkem kepada orangtuanya di teras kelas di SMAN 15 Semarang menjelang UNBK, Rabu 4 April 2018

"Kami senang ada penurunan SPP. Apalagi anak-anak kita kan sudah klas tiga (XII) jadi sebentar lagi lulus ya," kata Asri orangtua siswa sambil mengusap sisa-sisa air mata seusai disungkemi anaknya.

Di hadapan para orangtua siswa, Kepsek menyarankan agar anak-anak melanjutkan kuliah. "Usahakan semaksimalnya agar anak-anak kita melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi. Jika kondisi ekonomi pas-pasan bisa kerja sambil kuliah. Demi masa depan anak-anak semua," tegas Soleh Amin.

Atiek wali kelas XII IPS 3 menyampaikan, peralatan untuk kegiatan ini disiapkan oleh siswa dan dibawa dari rumah. Antara lain baskom, ciduk dan handuk disiapkan oleh masing-masing siswa. "Semoga anak-anak kita lancar dalam melaksanakan UNBK dan meraih hasil terbaik. Bisa diterima di perguruan tinggi yang diinginkan," harap Atiek sambil menyalami orangtua siswa.