Keyword
SELAMAT DATANG PESERTA DIDIK KELAS X TAHUN PELAJARAN 2017/ 2018.....TEKUN BELAJAR, BAIK DALAM SIKAP DAN PEDULI LINGKUNGAN
JUMAT, 24 NOVEMBER 2017
Artikel
SMA Negeri 15 Peringati Isra’ Mi’raj
Ditulis tanggal : 28 - 05 - 2017 | Pukul :

Semarang–Seluruh warga Sekolah SMA Negeri 15 Kota Semarang memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW 1438 H dengan penceramah Ustadz Choirul Amin, S.Ag., yang bertempat di Masjid Nurul Iman SMAN 15 Semarang, Jumat (18/5/2017).

Kegiatan keagamaan tersebut termasuk salah satu kegiatan rutinitas yang diadakan melalui kepanitiaan Rohis (Kerohaniaan Islam) SMAN 15 Kota Semarang dengan mengangkat tema Memperingati Perjalanan Isra' Mi’raj Nabi Muhammad SAW, Nisfu Sya’ban dan Tarhib Ramadan.

Acara ini dirangkai menjadi satu acara dalam bentuk Three In One, sebagai ajang untuk menunjukkan identitas sebagai muslim dan sekaligus memperkuat keimanan untuk mempercayai akan peristiwa Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan sekaligus sebagai upaya untuk mempererat tali persaudaraan antar sesama sekaligus sebagai upaya mempersiapkan diri menjelang ramadan.

Kepala Sekolah SMAN 15 Kota Semarang, Soleh Amin, S.Pd, M.Pd., dalam sambutanya menyampaikan tujuan memperingati Isra Miraj adalah untuk meningkatkan keimanan dan persaudaraan dan supaya peserta didik SMAN 15 Semarang dekat dengan masjid. “Dengan acara Isra' Mi'raj ini kita satukan persaudaraan dengan dekat kepada orang-orang baik dan shaleh, dan terus menerus meningkatkan ketaqwaan kita supaya anak-anak giat untuk melaksanakan perintah sholat di masjid sekolah tercinta kita ini.” Katanya.

Dalam ceramahnya, Ustadz Choirul Amin, S.Ag menyampaikan bahwa, Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad Sallallahu ‘alaihi Wassalam, diambil dari dua buah kata yang penuh arti yaitu Isra’ yang berarti “perjalanan malam” dan Mi’raj yang berarti “naik ke langit”. Perjalanan malam yang dimaksud adalah perjalanan dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa. Dari peristiwa Isra’ Mi’raj inilah umat Islam di seluruh dunia mengenal yang namanya sholat dan diwajibkan untuk melakukan sholat 5 waktu dalam sehari semalam.

Peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi tepat pada tahun 621 Masehi, tepatnya pada tanggal 27 Rajab (3 tahun sebelum hijrah). Nabi Muhammad SAW waktu itu sudah berumur 51 tahun dan peristiwa Isra’ Mi’raj terjadi saat tengah malam hingga subuh waktu Mekah. Peristiwa ini terjadi karena Nabi Muhammad SAW yang sedang dalam keadaan duka. Beliau telah ditinggal mati oleh dua orang yang dia cintai yaitu Khadijah sang istri dan Abu Thalib sang paman. Saat itu, Nabi Muhammad SAW mengalami duka yang sangat dalam sehingga untuk menghibur Nabi Muhammad SAW, Allah SWT mengajak Nabi Muhammad SAW ke suatu perjalanan hingga sampai ke Sidrotulmuntaha untuk bertemu dengan-Nya.

Ustadz Choirul Amin, S.Ag, juga menjelaskan bahwa, awal Peristiwa Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dimulai pada tanggal 27 Rajab. Saat itu Allah SWT mengutus Malaikat Jibril A.S. untuk pergi ke Syurga dan mengambil buraq. Setelah itu Malaikat Jibril A.S diutus untuk pergi ke tempat Nabi Muhammad SAW. Hari sudah malam dan pada waktu Malaikat Jibril A.S. datang ke hadapan Nabi Muhammad SAW, beliau tengah tertidur. Nabi Muhammad tiba-tiba terbangun dari tidurnya karena mendengar suara dan saat beliau terbangun di hadapannya sudah berdiri tiga orang laki-laki yang rupanya adalah Malaikat Jibril dan Malaikat Mika’il, serta seorang Malaikat lain.

Diakhir ceramahnya Ustadz Choirul Amin, S.Ag., menyampaikan bahwa peringatan Isra’ dapat diartikan bahwa, hubungan dengan sesama harus semakin erat untuk memperkuat keimanan dan menjadikan SMAN 15 sebagai sekolah yang berkarakter Islami yang baik, dan akhirnya dapat berkontribusi untuk agama, bangsa dan negara. Sedangkan Mi’raj yaitu hubungan manusia dengan Allah SWTuntuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan yang hakiki. Ustadz Choirul Amin, S.Ag. juga berpesan untuk terus meningkatkan ibadah kita, terlebih kita akan masuk di bulan ramadan.

“Ramadan akan segera tiba, maka bahagialah kalian semua, dan semoga kita diberi kekuatan untuk dapat beribadah semaksimal mungkin di bulan Ramadan.” Katanya. Dalam acara ini, turut hadir pada acara tersebut diantaranya, Waka Humas, Sukisroyi, M.Si., Waka Kesiswaan, Mulyadi, S.Pd., Pembina Rohis Drs. Sadi, M.Si., dan Nanang Qosim, S.Pd.I., selaku guru PAI serta guru-guru SMA Negeri 15 Semarang lainnya. (Lap_NQ)